Loading...

TIPS UPGRADE TONE GITAR OLEH by Iga Massardi

Hola gitar mania ..berikut ada tips2 mantab dari salah seorang gitaris IGA MASSARDI (gitaris & frontliner BARASUARA Band) yang juga dia adalah seorang gitar addict banget untuk masalah tone , playbility dan kualitas sebuah gitar dia sering kupas atau ripiuw di channel youtube-nya yang bernama RIG RIG RIG ..silahkan ikuti dan SUBSCRIBE Ya channel-nya bro IGA MASSARDI

TIPS UPGRADE TONE GITAR oleh iga massardi
TIPS UPGRADE TONE GITAR

Oke berikut ini ada tip2 menarik untuk kalian2 yang mau upgrade tone gitar...nih simak re-post info dari halaman fb bro IGA MASSARDI.

Kalo lo mau upgrade tone di gitar, berikut urutannya :

1. Pickup
Ini yang paling ngaruh. Lo akan bisa langsung dengar perbedaannya. Makin jelek atau makin bagus itu relatif.

2. Senar
Tiap senar punya karakteristik yg berbeda dari bahan hingga ukuran dan sebagai material yg kontak langsung secara fisik, lo akan denger bedanya dan merasakan bagaimana senar berinteraksi dengan tangan untuk menghasilkan sound dan tone.

3. Pick
Kesannya gak penting. Tapi coba lo main dengan ketebalan pick yang berbeda dengan bahan yg berbeda. Tekanan tangan saat memetik senar akan menghasilkan tone yg berbeda. Pick tipis dan pick tebal akan mengubah dinamika picking kita. Dan bahan pick juga berpengaruh. Silahkan dicoba, lo akan denger bedanya.

4. Neck 
Maple, rosewood, ebony punya tone dan feel yg berbeda. Maple lebih bright dan rosewood lebih soft. Ini sudah terbukti pengaruhnya dan tak perlu diperdebatkan.

5. Body
Beberapa orang bisa denger bedanya, beberapa tidak. Gw termasuk yg belum bisa membedakan antara alder dengan ash atau varian kayu lain. Namun menurut yg ditulis John Suhr di webnya, tiap kayu punya karakteristik yg jelas. Dan gw percaya John Suhr.

6. Potensio
Kali ini kita menuju ke bagian dalam gitar. Yg membedakan sound dari potensio adalah nilainya. Brand yg lebih terkenal biasanya punya durability lebih bagus. Namun untuk tone, selama nilainya sama menurut gw tone gak akan berubah. Nilai sugesti dan bullshit di bagian ini cukup besar.

7. Capacitor
Sama dengan potensio, selama nilainya sama menurut gw tone ga akan berubah. Beberapa orang bisa ngerasain bedanya (katanya) dan beberapa tidak. Bahan dan nilai capacitor berdampak kalo kita main roll off volume atau tone. Jika elo tipikal yg leave it at 10 all the time seperti gw, buat gw ga kerasa bedanya. Dan nilai sugesti serta bullshit di bagian ini juga sangat besar. Kalo lo berharap sound gitar akan berubah signifikan, ganti pickup atau beli gitar baru. Jangan berharap dari capacitor.

8. Springs, tremolo block, saddles, nut
Ini juga akan memberi kontribusi yg tidak kalah kecil dari 2 subjek di atas. Kecuali untuk saddles karena dia kontak langsung dengan senar maka akan ada SEDIKIT perbedaan dari segi tone. Bahan nut juga sama, brass, bone, steel bisa ngasih tone yg berbeda karena kontak langsung dengan senar. Sisanya sugesti.

Tone jelas sangat subjektif. Dan tulisan ini tentu juga subjektif dari telinga dan pengalaman gw. Kalo lo merasa hal yg berbeda itu wajar, siapa tau memang terlahir dengan kemampuan mendengar yang lebih baik.

Poin dari tulisan ini adalah supaya kita nggak terjebak dalam mitos, review lebay dan hoax serta sugesti kolektif yang menjadikan pembahasan tone itu sama halunya dengan cerita diculik alien atau naik mio sen kanan belok ke kiri.

Let's worry less about small stuff. It doesn't matter that much. Beli ampli yg bagus, gitar yang cocok, pickup yang keren, pedal yang mantep. Itu lebih in your face, bukake, cif. Crot!

Peace out!


Loading...
TIPS UPGRADE TONE GITAR OLEH by Iga Massardi TIPS UPGRADE TONE GITAR OLEH by Iga Massardi Reviewed by Blog Zone on 05.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.